A.
Pengertian Administrasi Keuangan
Secara singkat, pengertian
administrasi keuangan menurut para ahli terbagi menjadi dua yaitu sebagai
berikut.
1. Pengelolaan keuangan. Pengertian ini adalah pengertian
administrasi keuangan secara luas. Dalam pengertian ini terkandung proses
pengaturan serta penetapan kebijakan yang berkaitan dengan pengadaan ataupun
pemanfaatan keuangan sehingga tugas-tugas pokok organisasi terwujud secara
efektif dan efisien.
2. Tata usaha keuangan. Ini adalah pengertian administrasi
keuangan dalam arti sempit. Pengertian ini berkaitan bahwa administrasi
keuangan berkaitan dengan proses-proses menerima, menyimpan, serta mengeluarkan
uang dengan aktivitas penatabukuan. Aktivitas ini dilaksanakan berdasarkan
ketentuan yang sedang berlaku.
Berdasarkan pengertian di atas maka dapat di simpulkan bahwa administrasi
keuangan adalah suatu
pengelolaan yang menyangkut seluruh aktivitas keuangan mengenai sebuah
transaksi pembayaran di dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi
tersebut.
B.
Tujuan Administrasi Keuangan
Secara umum tujuan administrasi keuangan
adalah untuk memproses dan mengelola data keuangan perusahaan atau
organisasi untuk mewujudkan suatu tata administrasi keuangan, sehingga
pengurusannya dapat di pertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Tujuan administrasi keuangan antara lain seperti di bawah ini :
·
Memperlancar
proses keluar masuknya uang
·
Mempermudah
transaksin uang
·
Adanya
bukti transaksi
·
Mengetahui
kondisi/keadaan keuangan di perusahaan dalam suatu periode tertentu
C.
Petugas Administrasi Keuangan
Antar lain :
·
Manajer
keuangan
Tugas utama manager
keuangan adalah bertanggung jawab untuk membantu perencanaan bisnis dan
pengambilan keputusan dengan menyediakan nasihat keuangan yang sesuai. Tugas
pokok manajer keuangan dalam perusahaan adalah mencari sumber-sumber dana dari
berbagai pihak untuk diinvestasikan dalam kegiatan produktif perusahaan.
·
Bendahara
Bendahara adalah orang
yang bertugas untuk membuat pembukuan dan mengatur keuangan dalam sebuah
organisasi atau kepanitiaan.tugas pertama seorang bendahara adalah membuat
Rencana Anggaran Pengeluaran Belanja Organisasi (RAPBO) untuk satu periode
kepengurusan
·
Staf
keuangan
Secara umum tugas staf
keuangan adalah untuk melaksanakan kegiatan administrasi keuangan perushaan.
dari tahap jurnal entry (catatan untuk transaksi akuntansi berdasarkan urutan
kronologis, yaitu pada saat transaksi itu terjadi) sampai dengan pengarsipan
dokumennya. Untuk menjamin kelancaran,keakuratan dan ketertiban administrasi
keuangan perusahaan
·
Sekretaris
Secara umum tugas seorang
sekretaris dalam bidang keuangan adalah membuat perhitungan kas kecil/petty
cash, dan lain-lain.
terimakasih atas ilmu bermanfaat yang dibagikan lewat artikel ini
BalasHapusAplikasi Laporan Keuangan Android
Terima kasihh utk brainly udh mau menolong saya utk mengerjakan tugas
BalasHapus