Jumat, 01 Desember 2017

PENGERTIAN, TUJUAN, DAN PETUGAS ADMINISTRASI KEUANGAN


A.    Pengertian Administrasi Keuangan
Secara singkat, pengertian administrasi keuangan menurut para ahli terbagi menjadi dua yaitu sebagai berikut.
1.      Pengelolaan keuangan. Pengertian ini adalah pengertian administrasi keuangan secara luas. Dalam pengertian ini terkandung proses pengaturan serta penetapan kebijakan yang berkaitan dengan pengadaan ataupun pemanfaatan keuangan sehingga tugas-tugas pokok organisasi terwujud secara efektif dan efisien.
2.      Tata usaha keuangan. Ini adalah pengertian administrasi keuangan dalam arti sempit. Pengertian ini berkaitan bahwa administrasi keuangan berkaitan dengan proses-proses menerima, menyimpan, serta mengeluarkan uang dengan aktivitas penatabukuan. Aktivitas ini dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang sedang berlaku.
Berdasarkan pengertian di atas maka dapat di simpulkan bahwa administrasi keuangan adalah suatu pengelolaan yang menyangkut seluruh aktivitas keuangan mengenai sebuah transaksi pembayaran di dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

B.    Tujuan Administrasi Keuangan

Secara umum tujuan administrasi keuangan  adalah untuk memproses dan mengelola data keuangan perusahaan atau organisasi untuk mewujudkan suatu tata administrasi keuangan, sehingga pengurusannya dapat di pertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Tujuan administrasi keuangan antara lain seperti di bawah ini :
·         Memperlancar proses keluar masuknya uang
·         Mempermudah transaksin uang
·         Adanya bukti transaksi
·         Mengetahui kondisi/keadaan keuangan di perusahaan dalam suatu periode tertentu

C.     Petugas Administrasi Keuangan
Antar lain :
·         Manajer keuangan
Tugas utama manager keuangan adalah bertanggung jawab untuk membantu perencanaan bisnis dan pengambilan keputusan dengan menyediakan nasihat keuangan yang sesuai. Tugas pokok manajer keuangan dalam perusahaan adalah mencari sumber-sumber dana dari berbagai pihak untuk diinvestasikan dalam kegiatan produktif perusahaan.
·         Bendahara
Bendahara adalah orang yang bertugas untuk membuat pembukuan dan mengatur keuangan dalam sebuah organisasi atau kepanitiaan.tugas pertama seorang bendahara adalah membuat Rencana Anggaran Pengeluaran Belanja Organisasi (RAPBO) untuk satu periode kepengurusan
·         Staf keuangan
Secara umum tugas staf keuangan adalah untuk melaksanakan kegiatan administrasi keuangan perushaan. dari tahap jurnal entry (catatan untuk transaksi akuntansi berdasarkan urutan kronologis, yaitu pada saat transaksi itu terjadi) sampai dengan pengarsipan dokumennya. Untuk menjamin kelancaran,keakuratan dan ketertiban administrasi keuangan perusahaan
·         Sekretaris
Secara umum tugas seorang sekretaris dalam bidang keuangan adalah membuat perhitungan kas kecil/petty cash, dan lain-lain.
 









2 komentar:

  1. terimakasih atas ilmu bermanfaat yang dibagikan lewat artikel ini
    Aplikasi Laporan Keuangan Android

    BalasHapus
  2. Terima kasihh utk brainly udh mau menolong saya utk mengerjakan tugas

    BalasHapus